Rabu, November 09, 2011

konflik sosial didalam masyarakat

Dalam kehidupan sosial di masyarakat,manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan sesama manusia.ketika berinteraksi,bisa terjadi dua hal yaitu konflik dan kerja sama.dengan demikian, konflik merupakan bagian dari dinamika kehidupan manusia. konflik sering kali dikaitkan dengan hal yang bersifat negatif, kekerasan, persengketaan, kehamncuran dan sebagainya. meskipun sebenarnya bentuk konflik tidak selalu begitu. salah satu contohnya : konflik / pertentangan antar pelajardi sebuah sekolah yang dilalkukan oleh siswa karena adanya perbedaan pendapat.
 KONFLIK SOSIAL
Konflik berasal dari kata kerja latin, configere yang berarti saling memukul. secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua atau lebih yang dimana salh satu pihak berusaha untuk menyingkirkan pihak yang lain dengan menghancurkanya atau membuatnya tidak berdaya,
konflik diartikan sebagai percecokan, perselihaan dan pertentangan. konflik berarti ketidaksepakatan dalam sutu pendapat pendapat emosi dan tindakan dengan orang lain.
secara umum pengertiam konflik adalah suatu bentuk perbedaan atau pertentangan ide , pendapat, fahan dan kepentingan diantara dua pihak atau lebi.pertentangan ini bisa berbentuk pertentangan fisik dan nonfisik. pada umumnya pertentangan nonfisik bisa berkembang jadi benturan fisik, yang bisa berkadar tinggi dalam bentuk kekerasaan,dan bisa juga berkadar rendah yang tidak menggunakan kekerasan. contoh : demokrasi yang dilakukan untuk menentang kebijakan negara adalah salah satu bentuk perbedaan pendapat dan kepentingan antara kelompok masyarakat dengan negara.
.BENTUK-BENTUK KONFLIK SOSIAL
    # Konflik antara individu dengan individu
            yang dimana pertentangan terjadi antara dua orang akibat perbedaan kepentingan, nilai-nilai, atau            pandangan hidup.
   # Konflik antara kelompok dengan kelompok
           yang dimana pertentangan terjadi antara dua kelompok yang saling bertentangan karena perbedaan         nilai-nilai, pandangan, atau kepentingan.
   # Konflik antar kelas sosial
          yang dimana pertentanagan terjadi antaradua kelas sosial yang berbeda.
 FAKTOR FAKTOR TERJADINYA KONFLIK
      banyak sekali pendapat tentang bagaimana konflik bisa terjadi.tentu saja dengan adanya sumber konflik,berdasarkan beberapa pendapat dapa disimpulkan bahwa sumberkonflik dapat di timbulkan dari dalam dan luar diri individu.dari luarindividu misalnya adanya tekanan dari lingkungan, persaingan, langkahnya sumber daya yang ada, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab konflik sebagi berikut :
 # Perbedaan individu
          yang dimana perbedaan individu yang menjadi sumber konflik adalah perbedaan pendirian dan                  perasaan.
 # Perbedaan kepentingan dan pandangan hidup
         yang dimana setiap orang atau kelompok sosial mempunyai kepentingan dan pandangan hidup yang            berbeda-beda.
 # Perbedaan nilai atau norma sosial
          yang dimana setiap individu atau kelompok sosial memiliki nilai-nilai dan pandangan hidup yang tidak         sama.
 # Perbedaan nilai-nilai dan kebudayaan
         yang dimana setiap kolompok masyarak mempunyai nilai-nilai kebudaan yang berbeda-beda.
 # Perbedaan status dan peran sosial
         yang dimana status sosial dan peran sosial setiap orng atau kelompok berbeda.
 # Penagaruh perubahan unsur-unsur kebudayaan
         yang dimana pengaruh masuk dan berkembang unsur-unsur budaya global menyebabkan terjadinya          perubahan nilai-nilai dan unsur-unsur budaya masyarakat.
DAMPAK YANG TIMBUL AKIBAT KONFLIK SOSIAL
 # Timbulnya solidaritas dalam kelompok
         yang dimana terjadinya pertentangan antarkelompok dangan kelompok lain, maka solodaritas antar          warga dalam suatau kelompok biasanya akan bertambah erat.
# Retaknya persatuan
       yang dimana bila persatuan itu terjadi maka akan retaknya persatuan dan kesatuan dalam kelompok.
# Perubahan kepribadian para individu
      yang dimana dalam suatu individu timbulnya perasaan simpati, empati, perasaan tertekan, perasaan             takut, timbulnya keberanian, ketegasan, dan sebagainya.
# Hancurnya harta benda dan korban manusia 
     yang dimana hal ini memungkinkan  terjadinya suatu kehancuran fisik, harta benda, korban manusia.
#Timbul Akomodasi dan Dominasi
     yang dimana apabila kekuatan pihak-pihak yang bertentangan seimbang, maka ditimbulkan akomodasi namun jika pertentangan tidak seimbang maka penyebabnya dominasi oleh pihak yang menang terhadap lawan.


Oya mungkin ini saja yang bisa saya ulas
Dari artikel tentang KONFLIK SOSIAL :)
   kata kunci dari artikel ini
      - orang yang bisa menghargai keberadana orang lain
       pasti keberadannya dihargai dengan orang lain pula.


Tidak ada komentar: